Terencana dan Tidak Terencana, Ini Perawatan Mesin Industri yang Harus Dilakukan

ilustrasi commercial mixer

Perawatan mesin industri yang harus dilakukan secara berkala dengan bentuk-bentuk perawatan yang berbeda-beda, selain itu perawatan mesin juga harus dilakukan ketika mesin mengalami kerusakan secara darurat.

Commercial mixer atau alat pencampur pada Industri merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk kebutuhan sebuah industri baik industri kecil ataupun besar, kegunaanya digunakan setiap hari dengan masa kerja dari pagi sampai malam, tentu saja hal ini memerlukan fokus perawatan yang lebih ekstra.

Bentuk-Bentuk Perawatan Mesin Industri yang Biasa Dilakukan

Commercial Mixer Perlu Dirawat dengan Baik dan Benar!

Perawatan mesin industri diperlukan untuk menjaga mesin agar tidak rusak, tidak mengalami error, memperpanjang usia mesin dan tidak membahayakan bagi pengguna. Perawatan mesin industri juga memerlukan pengetahuan khusus pada perawatannya karena tidak bisa sembarangan yang malah membuat mesin semakin rusak. Ada beberapa jenis perawatan mesin industri yang dilakukan seperti perawatan yang direncanakan, tidak direncanakan dan perawatan darurat.

  1. Perawatan terencana

Perawatan ini dilakukan setiap hari untuk mencegah kerusakkan pada mesin industri agar mesin bisa digunakan tanpa adanya kemacetan yang diakibatkan oleh kemacetan, sehingga menghambat proses produksi dari mesin industri tersebut. Lalu ada juga perawatan terencana yang dilakukan pada periode tertentu, tergantung pada berapa lama mesin tersebut digunakan secara aktif seperti perawatan mingguan, bulanan dan juga tahunan. Selain itu, ada juga perawatan yang dilakukan karena adanya hasil produk yang kurang sempurna, perawatan ini membuat mesin bisa kembali menghasilkan produk yang sesuai rencana.

  1. Perawatan tidak terencana

Pada perawatan ini dilakukan ketika ada sesuatu yang tidak terduga termasuk keadaan darurat pada mesin industri, seperti ketika produk yang dihasilkan berada pada standar yang tidak layak atau adanya percikan api yang bisa menyebabkan kebakaran juga ketika mesin ada pada kondisi membahayakan para pekerja. Adanya perawatan darurat yang dilakukan adalah bentuk upaya agar kondisi bahaya tersebut bisa segera diatasi sehingga tidak menimbulkan kejadian yang sangat tidak diinginkan.

Dalam merawat mesin industri juga ada bentuk-bentuk perawatan yang biasa dilakukan seperti perawatan preventif untuk mencegah adanya kerusakan, perawatan korektif untuk meningkatkan kualitas kerja mesin industri hal ini sama juga memodifikasi mesin agar lebih canggih sesuai SNI, perawatan berjalan yang merupakan perawatan dengan proses kerja ketika mesin industri sedang digunakan agar tidak terjadinya error ketika sedang memproduksi, perawatan prediktif yang merupakan perawatan menggunakan alat monitor dan alat pendeteksi kerusakan yang canggih untuk mengetahui kondisi mesin, serta perawatan setelah adanya kerusakan total pada mesin yang harus menggunakan material, alat-alat dan tenaga kerja yang lebih banyak, serta perawatan.

Teknik perawatan mesin industri tentu saja tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, dalam melakukan perawatannya diperlukan SOP dan pengetahuan yang sesuai dikarenakan kerusakan pada mesin merupakan hal serius dalam sebuah industri. Perawatan commercial mixer atau mesin pencampur yang ada pada industri harus dilakukan sesuai dengan waktunya agar mesin tetap berfungsi dengan baik.

Perawatan commercial mixer yang harus dilakukan secara berkala dengan bentuk-bentuk perawatan yang berbeda-beda, selain itu perawatan mesin juga harus dilakukan ketika mesin mengalami kerusakan secara darurat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *