Memasak Pizza Jadi Lebih Praktis Menggunakan Rice Cooker, Ini Alasannya

Ilustrasi Penggunaan Pizza Oven

Anda ingin membuat pizza tetapi tidak memiliki pizza oven yang bisa digunakan untuk memanggang pizza? Tenang, ada kabar baik bagi Anda yang memiliki rice cooker di rumah karena alat ini bisa dijadikan alat masak pizza pengganti oven. Siapa sangka alat yang biasanya dipakai untuk memasak nasi ternyata bisa jadi pilihan untuk digunakan memanggang pizza juga.

Alasan memakai rice cooker

Terbatasnya akses pada pizza oven yang lengkap membuat banyak orang memikirkan tentang langkah lain yang bisa diambil untuk memasak pizza, salah satunya dengan menggunakan rice cooker. Hampir semua orang paling tidak memiliki satu rice cooker di rumah karena tuntutan kebutuhan konsumsi nasi, sebab itu rice cooker bisa dipakai untuk menjadi alat masak pizza praktis.

Selain fungsinya yang dijadikan sebagai alat primer memasak harian, cara kerja alat masak ini hampir sama seperti oven karena adonan pizza bisa langsung dipanggang di dalam panci rice cooker. Karena panas yang dihasilkan dari rice cooker cenderung menyebar rata ke semua arah, bisa dijamin pizza Anda akan matang secara merata. Dengan alasan yang sama, pizza Anda juga tidak gampang gosong. Karena itu rice cooker bisa dijadikan peralatan masak homemade pizza yang aman untuk dicoba terutama untuk pemula.

Langkah-langkah memanggang pizza menggunakan rice cooker

Seperti layaknya pizza oven pada umumnya, penggunaan rice cooker sebagai pengganti alat panggang pizza konvensional juga perlu memperhatikan langkah-langkah penting sebagai berikut:

  1. Olesi permukaan panci rice cooker dengan mentega atau minyak agar adonan tidak lengket nantinya.
  2. Sambungkan rice cooker pada aliran listrik dan nyalakan tombol penanak nasi
  3. Biarkan beberapa waktu sampai panci mulai agak panas
  4. Setelah itu letakkan adonan yang sudah Anda buat ke dalam panci
  5. Anda dianjurkan untuk menusuk2 permukaan adonan sehingga panas dapat mengalir sempurna ke dalam adonan supaya pizza matang merata
  6. Letakkan saus dan topping pizza yang sudah Anda siapkan diawal ke adonan kemudian tutup
  7. Tunggu hingga indikator kematangan pada rice cooker menyala
  8. Jika indikator kematangan sudah menyala, cek pizza Anda
  9. Jika kurang matang, Anda dapat menyalakan tombol memasak kembali dan cek berkala

Dari informasi di atas, rice cooker bisa dibilang sebagai peralatan memasak pizza unik dibandingkan pizza oven. Kebanyakan orang mungkin tidak akan menyangka bahwa sebenarnya alat ini memiliki fungsi yang beragam selain untuk memasak nasi.

Jika Anda salah satu orang dengan akses terbatas pada peralatan masak, rice cooker bisa menjadi andalan baru untuk Anda berkreasi dimana saja. Apalagi bagi Anda yang tinggal di kos dan gemar membuat olahan pizza atau sejenisnya, tentunya memasak akan jadi lebih praktis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *