6 Cara Menggunakan Commercial Espresso Machine Secara Mudah

ilustrasi mesin espresso

Penggunaan commercial espresso machine ini mungkin sudah sering kamu lihat saat berada di café maupun kedai kopi. Espresso sendiri merupakan kopi yang sudah dihaluskan agar bisa diseduh dengan air panas. 

Sekilas dalam menggunakan espresso machine ini terlihat sangat sulit, apalagi bagi para barista pemula yang baru membuka sebuah café. Karena terdapat beberapa knobs maupun tombol yang harus ditekan, sehingga sangat perlu sekali mengetahui cara penggunaan dari commercial espresso machine berikut ini: 

Pastikan Kebersihannya

Sebelum memulai menggunakan espresso machine, pastikan untuk mencuci maupun membersihkan terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk memastikan semua komponen dalam keadaan kering setelah dicuci. Langkah ini dilakukan untuk mencegah adanya kotoran maupun debu yang dapat mengganggu proses pembuatan kopi, bahkan juga mempengaruhi rasa kopi.  

Memasang Penyaring Kopi 

Untuk mendapatkan kopi yang lebih maksimal, sebaiknya menggunakan penyaring kopi dari kertas bermerek maupun penyaring kertas alami. Memang beberapa mesin kopi sudah memiliki penyaring sendiri namun terdapat juga penyaring yang dibuat secara manual. 

Pastikan setelah digunakan, penyaring tersebut harus bersih, agar ampas kopi pahit yang tertinggal tidak mempengaruhi rasa kopi yang sudah dibuat. 

Menuangkan Kopi

Tuangkan kopi halus yang sudah dipilih ke dalam commercial espresso machine, banyaknya jumlah kopi juga bisa disesuaikan dengan mesin kopi maupun jenis kopi. Biasanya ukuran standar yang sering digunakan yaitu menggunakan dua sendok makan ditambah 177 ml air, pastikan jumlah kopi sebanyak satu tutup penggiling.

Dimensi mesin kopi ini memang memiliki ukuran yang berbeda, sehingga perlu diperiksa kembali secara manual. Hal tersebut dimaksudkan agar memiliki perbandingan antara kopi dan air yang pas.

Menuangkan Air

Sebelum menuangkan air, perhatikan juga perbandingan air yang digunakan dengan menggunakan baris pengukur pada espresso machine. Hal ini digunakan untuk menentukan jumlah air sesuai keinginan, kamu juga bisa mencoba menuangkan air kedalam penampung yang disarankan. 

Menyalakan Espresso Machine

Langkah selanjutnya yaitu sambungkan mesin pada sumber listrik terdekat dan nyalakan, tak lupa juga untuk menentukan waktu yang tepat untuk mencampurkan racikan kopi. Terdapat juga beberapa mesin kopi yang memiliki racikan kopi secara otomatis maupun sudah memiliki aturan dengan menggunakan waktu tertentu. 

Pastikan juga racikan kopi tersebut bisa tercampur sepenuhnya, dengan menggunakan fitur pause atau jeda agar proses pembuatan kopi dapat berhenti selama beberapa waktu. Namun memang fitur ini tidak semua espresso machine ini memilikinya. Selain itu, kamu bisa menentukan tingkat campuran kopi sesuai yang diinginkan.

Menyajikan Kopi

Langkah terakhir pembuatan kopi dengan commercial espresso machine yaitu sajikan kedalam cangkir, setelah semua kopi sudah tercampur dengan baik. Dan kamu bisa menikmati kopi hangat dengan nikmat. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *