Apa Saja Pengaruh E-commerce solutions bagi Masyarakat?

ilustrasi ecommerce solutions

E-commerce merupakan salah satu sistem pemasaran yang sekarang ini mulai mengonversi sistem pemasaran tradisional. Aspek utama e-commerce melibatkan internet dan situs web.

Ada dua jenis e-commerce yaitu business to business (B2B), dan business to consumer (B2C).

Apa saja pengaruh e-commerce solutions bagi masyarakat? Simak penjelasannya berikut.

Pemasaran menjadi lebih mudah dan murah

E-commerce memudahkan para pelaku bisnis untuk menjangkau konsumen yang jauh lebih luas dengan biaya yang lebih sedikit, daripada yang diperlukan jika menggunakan metode ritel tradisional.

Bayangkan berapa jumlah ritel yang perlu dibuka dalam seluruh dunia jika Anda ingin memasarkan bisnis Anda lintas negara. Dengan e-commerce, tidak ada persyaratan untuk membuka toko dengan biaya besar.

Meskipun biaya pengembangan dan manajemen situs web juga perlu dipersiapkan, namun ini tentu amat jauh lebih murah daripada mendirikan ritel dan memasang etalase di daerah-daerah tertentu. Anda juga masih dapat mencapai basis klien yang luas.

Persaingan usaha dimana-mana

Persaingan pelaku usaha dimana-mana. Ini akibat banyak yang mencoba membuka usaha meskipun hanya dengan modal kecil saja. Coba Anda buka e-commerce yang Anda ketahui, berapa banyak orang yang menjual tanaman hias dengan jenis dan ukuran yang sama namun harga berbeda?

Kebanyakan orang mungkin akan menghabiskan waktu untuk mencari-cari mana harga yang paling murah dengan layanan yang sama. Ini membuat persaingan juga semakin ketat. Perlu adanya kreativitas tinggi untuk membuat konsumen tertarik dengan produk ataupun jasa Anda.

Munculnya perilaku konsumtif

Mudahnya melakukan pembelian membuat masyarakat semakin konsumtif. Konsumen bisa membeli barang yang mereka inginkan kapan saja dan dimana saja, tanpa perlu keluar rumah sekalipun. Ini membuat orang bisa mudah berbelanja ketika ada peluang, meskipun mereka tidak benar-benar membutuhkannya.

Terkadang, meskipun barang yang datang kemudian tidak sesuai dengan pesanan, tidak membuat kapok orang yang hobi berbelanja. Padahal, membeli barang dari e-commerce solutions sangat rentan terhadap penipuan.

Bisa jadi deskripsi yang dicantumkan tidak sesuai dengan barang yang datang, barang yang berbeda dengan yang difoto, dan sebagainya. Konsumen perlu selektif dalam memilih barang yang mereka beli.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *