Mengenal Komponen-komponen dari Genset

ats genset

Di Masa seperti ini, kebutuhan masyarakat akan listrik menjadi semakin tinggi, dan genset pun telah menjadi alat yang mulai banyak diandalkan saat dalam segala situasi. Walaupun di Indonesia telah hampir semua wilayah teraliri listrik, masih ada juga pasokan listrik tidak stabil yang membuat akhirnya terjadi pemadaman.

Memakai Genset ATS

Bagi kalian yang sering memakai genset, kalian harus tahu tentang ATS Genset. ATS Genset sendiri adalah kependekan dari Automatic Transfer Switch yang bisa disebut sebagai sistem dimana genset bisa mengalirkan listrik secara langsung ke perangkat yang membutuhkannya. 

Jadi, dengan adanya ATS Genset ini, saat terjadi pemadaman listrik, genset tersebut akan langsung secara otomatis mengalirkan listrik secara langsung ke perangkat. Barulah saat listrik sudah menyala lagi, ATS Genset ini langsung akan menghentikan aliran dari genset kepada perangkat elektronik.

Komponen Genset ATS

Umumnya, di ATS Genset ini terdiri 3 blok utama yang bisa memungkinkan untuk bekerja. Diblok pertama ada detektor yang memiliki fungsi untuk mengecek apa listrik yang berasal dari PLN sedang mati atau menyala. Jika detektornya telah menyimpulkan jika PLN sedang menyala, maka ATS genset tersebut tidak akan mengalirkan listrik. Juga sebaliknya, jika detektor tersebut telah mendeteksi jika listrik PLN tersebut mati, maka genset akan mulai bekerja dalam menyalurkan listriknya ke perangkat elektronik.

Lalu ada blok kedua yang termasuk tempat mengecek tegangan genset tersebut. Jadi, pada blok kedua ATS Genset ini adalah sistem yang akan mengecek seberapa besarnya daya yang dibutuhkan serta berapa besar daya yang akan dihasilkan oleh genset tersebut. Dan tanpa adanya blok kedua ini, genset nantinya tidak akan menghasilkan daya yang sesuai dengan kebutuhannya.

Dan ketiga adalah blok yang terakhir dan berfungsi untuk menyalakan genset. Jadi, pada blok satu ini, terdapat sebuah rangkaian yang memiliki hubungan dengan tegangan yang dihasilkan pada tiap menghasilkan alat listrik. Dan untuk bisa menjadikan tegangan itu lebih stabil, bisa dipakaikan dua buah aki yang akan terus menerus berapa pada posisi genset.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *