Keunggulan, Sifat dan Standar Besi Beton Jakarta

ilustrasi besi beton

Besi beton Jakarta adalah besi tulangan yang sering digunakan untuk konstruksi bangunan baik untuk kepentingan rumah hunian hingga bangunan komersial. Besi beton berasal dari proses pengolahan besi billet yang melalui beberapa proses.

Besi billet itu sendiri adalah balok baja yang terbuat dari berbagai macam bahan di antaranya adalah bijih besi, scrap, dan beberapa bahan tambahan lain seperti kromium, nikel, mangan, kokas, vanadium, lime, grafit, dan ferro alloys. 

Keunggulan Besi Beton

besi beton Jakarta hadir dengan beberapa keunggulan yaitu sebagai berikut

  • Sebagai pondasi yang kuat untuk bangunan sehingga bangunan memiliki struktur yang tegak sesuai konstruksi yang dirancang
  • Besi beton mampu bertahan di temperatur yang tinggi sehingga cocok untuk bangunan bertingkat
  • Setelah menjadi bangunan, biaya perawatan untuk besi beton tergolong cukup rendah sehingga sangat efisien
  • Memiliki kekuatan struktur tinggi sehingga setelah proses pembangunan selesai, akan sulit untuk dihancurkan lagi.

Sifat Besi Beton Berdasarkan Jenisnya

Besi beton terdiri dari 2 jenis yaitu polos dan berulir. Kedua jenis ini memiliki karakteristik masing-masing yaitu sebagai berikut

Besi Beton Polos

Jenis besi beton ini memiliki permukaan yang licin dan halus. Material ini lebih mudah dijumpai di pasaran dan sering dijual secara eceran. Besi beton polos bersifat lentur dan mudah dibengkokkan. Material ini juga memiliki sifat tahan tekan 240 Mpa dan ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan besi beton ulir. Biasanya besi beton polos digunakan untuk mengikat beberapa batang besi beton ulir dalam satu konstruksi beton. Rangkaian besi polos ini sering disebut dengan besi begel.

Besi Beton Ulir

Besi beton ulir hadir dengan tonjolan seperti sirip di sepanjang permukaannya. Material ini memiliki daya ikat yang tinggi. Coran beton yang dibuat pada besi beton biasanya berbeda-beda dari setiap produsen. Besi beton ulir biasanya dijual dalam jumlah yang besar oleh distributor maupun kontraktor. Dengan bentuk yang dimilikinya, beton ulir bersifat kurang lentur. Jadi proses pemasangannya cukup sulit. Daya tahan minimal dari besi beton ulir adalah sekitar 400 Mpa.

Kualifikasi Besi Beton SNI

Setiap produsen besi beton wajib memahami kualifikasi standar yang telah ditetapkan oleh BSN. Pasalnya penggunaan besi beton berkaitan dengan ketahanan bangunan sehingga hal ini akan berdampak pada keamanan dan keselamatan penggunanya. Ada beberapa kualifikasi besi beton SNI agar memenuhi syarat untuk didistribusikan seperti toleransi diameter, tingkat kekuatan, toleransi panjang, marking warna, toleransi berat, dan pengkodean pada besi beton.

Demikian sedikit informasi mengenai besi beton. Material ini telah hadir di pasaran dalam berbagai ukuran dan standar. Jika Anda ingin mendapatkan material dengan kualitas terbaik pilihan besi beton Jakarta yang sudah berstandar SNI. Dengan standar SNI, besi beton tersebut memiliki standar kualitas yang sama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *