Supaya Tidak Cepat Rusak, Lakukan Perawatan Genteng Galvalum Secara Berkala

ilustrasi genteng galvalum

Perawatan genteng rumah sering kali dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal, melakukan perawatan secara berkala bisa membuatnya lebih awet. Selain itu, dengan melakukan perawatan genteng galvalum, Anda dan keluarga bisa terhindar dari kebocoran. 

Meskipun genteng berbahan metal terkenal awet, namun genteng metal dapat mengalami kerusakan akibat kondisi-kondisi tertentu, seperti halnya angin kencang. Sebelum menerapkan perawatan genteng galvalum di rumah, sebaiknya Anda memeriksa masa garansi genteng tersebut. Jika masih berada dalam masa garansi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghemat biaya perawatan. 

Cara Merawat Genteng Galvalum dan Genteng Metal Lainnya

Atap bangunan yang tidak dirawat secara berkala dapat mengalami kerusakan ringan, sedang hingga berat. Oleh karenanya, lakukan pengecekan agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

  1. Periksa sekrup pada genteng

Salah satu metode pemasangan atap metal adalah dengan sekrup. Meskipun cara ini terjamin kuat, dalam kurun waktu yang lama dan kondisi tertentu, sekrup bisa saja menjadi lebih longgar. Kondisi ini membuat atap galvalum lebih mudah rusak jika terkena angin. Begitu pun untuk atap yang dipasang dengan paku. Jika kondisinya mulai longgar, segera cabut pakunya dan ganti dengan yang baru agar atap terpasang dengan kuat. 

  1. Cari bagian yang berlubang

Cara selanjutnya adalah dengan mencari bagian yang berlubang atau tanda-tanda kerusakkan lainnya. Selain itu periksalah apakah ada bagian atap yang berkarat. Jika atap berkarat, Anda bisa menghilangkannya dengan sikat. Anda juga bisa mengaplikasikan cat dasar logam. Sedangkan untuk bagian yang bocor, Anda bisa melapisinya dengan cat anti bocor.  Apabila kerusakan genteng galvalum tergolong parah, segeralah menggantinya dengan yang baru agar rumah Anda terlindung dari panas matahari dan hujan. 

  1. Lakukan pengecatan ulang

Salah satu daya tarik dari atap metal adalah warnanya yang bervariatif. Mulai dari biru, merah, silver, dan lain sebagainya. Kendati demikian, warna atap bisa memudar setelah kurun waktu tertentu. Pudarnya warna atap bisa menurunkan nilai eksterior rumah Anda. Oleh karenanya lakukanlah pengecatan ulang agar atap galvalum tetap terlihat cantik. 

  1. Lapisi cat anti bocor secara merata

Merawat genteng galvalum juga bisa dilakukan dengan mengaplikasikan cat anti bocor ke seluruh bagian genteng. Dengan begitu, genteng tidak akan mengalami kebocoran saat musim hujan tiba. 

  1. Gunakan tenaga ahli

Jika atap galvalum di rumah Anda mengalami kerusakan parah dan perlu diganti, sebaiknya gunakan tenaga ahli untuk mengerjakannya. Dengan tenaga ahli, atap rumah Anda bisa terpasang dengan baik dan benar.

Memasuki musim penghujan seperti sekarang, atap metal perlu perawatan agar kondisinya tetap bagus. Apabila genteng galvalum di rumah Anda mengalami kebocoran, Anda bisa mengatasinya sesegera mungkin agar anggota keluarga tetap nyaman selama berada di rumah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *