Mengenal Perbedaan Aluminium Zinc Spandek dan Bondek untuk atap

bondek untuk atap

Di Sebuah toko baja ringan, pasti terdapat berbagai macam produk yang berbeda-beda. Misalnya adalah produk aluminium zinc spandek dan yang bentuknya hampir sama adalah bondek untuk atap.

Tapi tentu, keduanya berbeda. Lantas, apa perbedaan dari keduanya?

Mengenal Aluminium Zinc Spandek

Banyak orang yang menyebut atap spandek sebagai alumunium ataupun atap zincalume. Dikarenakan, atap ini adalah jenis yang berbahan dari aluminium serta zinc dengan perbandingan komposisinya adalah aluminium sebesar 55%, zinc 43%, serta silicon 2%. Komposisi tersebut tentu membuat atap aluminium zinc spandek tersebut awet, kokoh, serta mudah dibentuk.

Atap spandek ini juga mempunyai bagian permukaan yang dapat dengan mudah ditempeli cat, jadi cocok jika kalian ingin memenuhi kebutuhan desain atap untuk manufaktur serta bangunan.

Dipasaran, ada beberapa ketebalan dari atap spandek ini, yaitu 0.3, 0.35, 0.4, 0.45, serta 0.5 mm dan lebar yang beragam. Atap ini juga mempunyai daya tahan yang cukup awet, bahkan bisa bertahan sampai 20 tahun atau lebih. Selain itu, pelapis zinc serta aluminium nya juga bisa sebagai anti karat atap spandek.

Suntik kekurangannya, atap ini kurang pas jika digunakan untuk rumah kalian. Atap ini terbuat dari logam yang dapat menghantarkan panas dengan baik, jadi rumah kalian akan terasa lebih panas.

Lalu karena ketebalannya tipis, jadi kalian harus lebih berhati-hati ketika pemasangannya agar tidak mudah melengkung.

Mengenal Bondek

Bondek untuk atap sendiri adalah plat lapisan yang berlapisĀ  dengan galvanis jadi strukturnya lebih kokoh. Pemasangan Bondek untuk atap ini biasanya menjadi solusi konstruksi yang biasanya lebih hemat di pekerjaan pembesian maupun bekisting bertingkat.

Selain dapat membuat waktu pengerjaan lebih singkat, pemakaian bondek juga bisa menghemat 30% biaya pengecoran dak. Kelebihan lainnya, tahan lama karena dilapisi dengan anti karat dan bagian bawah platnya terjamin rapi. 

Selain itu, bondek untuk atap juga memiliki fungsi ganda seperti digunakan untuk bekisting tetap serta tulangan positif searah.

Untuk ukurannya, bondek untuk atap juga tersedia dalam ketebalan tct 0.75 sampai dengan tct 1 mm dengan panjang dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang maksimal adalah 12 meter.

Sedangkan kekurangannya adalah, membutuhkan pengaturan yang baik dan juga rapi agar tidak memiliki banyak sisa bahan bondek yang terbuang serta bondek untuk atap tidak dapat diterapkan pada sisi tepi gedung atau pelat kantilever.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *