Perbedaan Besi H-beam kecil dan Besi Baja WF

besi h beam kecil

Meskipun terlihat sama besi dan baja adalah kedua benda yang berbeda. Besi adalah unsur yang tidak mengalami percampuran apapun dalam proses pembuatanya. Sedangkan baja terbuat dari bahan utama campuran dari karbon serta besi. Sehingga, untuk sifatnya lebih kuat dan tahan terhadap korosi. Dalam dunia konstruksi terdapat 2 jenis baja yaitu besi H-beam kecil dan besi WF. Keduanya mempunyai perbedaan yang signifikan diantaranya :

Proses produksinya

Baja H-beam kecil melalui proses produksi menggunakan canai panas yang kemudian di pelat lalu di las. Sedangkan baja WF atau dikenal dengan sebutan wide flange yaitu baja yang mempunyai kekuatan tekan dan daya tarik yang tinggi. Dalam proses produksinya biasanya terbuat dari balok baja yang dibentuk dengan proses canai panas (hot rolled steel)

Fungsinya

Meskipun sama-sama baja namun kedua material memiliki fungsi yang berbeda. H beam sering kali digunakan untuk proyek konstruksi pembangunan gedung tinggi atau jembatan. Karena, besi Wf lebih rapuh biasanya dijadikan sebagai bentuk konstruksi sebuah bangunan agar lebih efisien. Seringkali besi H beam dipasangkan dengan baja WF ketika pemasangan tiang struktur gedung. 

Dimensi

Perbedaan selanjutnya terlihat dari dimensi yang dimiliki satu sama lain. Baja profil H beam kecil mempunyai dimensi lebar dan kuping yang sama. Sementara besi WF memiliki dimensi kuping yang lebih besar. Ukuran dimensi H beam yakni 100 mm x 100 mm. Dan untuk besi WF 200 mm x 100 mm. 

Popularitas

Dalam hal pemesanan besi H beam kecil lebih banyak dipesan oleh kontraktor dalam proyek pembangunan besar. Hal ini dikarenakan besi H beam ukuranya yang sangat besar. Namun, untuk besi WF banyak dipesan oleh masyarakat umum sebagai material pembangunan yang tidak begitu besar. 

Teknik Pemotongan

Kedua jenis baja ini dapat dilakukan pemotongan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Namun, untuk pemotongannya tidak bisa sembarangan. Semua perlu dipersiapkan, seperti gas yang ditujukkan untuk memotong baja, ataupun pengukuran yang tepat. Saat melakukan pemotongan lakukan dengan hati-hati dan teliti. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *