Macam Jenis Ketentuan Pembayaran Dalam Transaksi Bisnis

macam-jenis-ketentuan-pembayaran-dalam-transaksi-bisnis

Bagi anda yang memiliki bisnis atau usaha, transaksi menjadi hal yang wajib ada. Sebab dengan adanya transaksi  penjualan antara penjual dan pembeli, bisnis yang dijalankan dapat berjalan sebagai mestinya sesuai dengan rencana. Pada beberapa jenis bisnis seperti B2B, online, atau bisnis berskala besar perlu membuat invoice online. Dengan adanya surat tagihan kepada konsumen dapat menentukan jumlah dan cara pembayaran yang jelas.

Akan tetapi tidak sedikit konsumen yang melakukan pembayaran sesuka hati atau sesuai dengan jadwal mereka sendiri. tentu hal ini akan berdampak pada bisnis anda. karena hal inilah perlu adanya ketentuan persyaratan pembayaran sebagai wujud kesepakatan dari penjual dan pembeli agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Oleh sebab itulah anda perlu dalam menentukan persyaratan pembayaran untuk membantu dalam mengorganisir proses pembayaran.

Gunakan pembayaran secara langsung

Pada jenis pembayaran satu ini memiliki ketentuan dimana pembeli harus segera dalam melakukan pembayaran yang mana akan jatuh tempo ketika produk dikirim. Pembayaran ini lebih populer dikenal dengan pembayaran tunai atau COD. Jika pembeli gagal dalam melakukan pembayaran, pihak penjual berhak dalam mengambil kembali barang yang dipesan.

Sayangnya jenis ketentuan ini cukup kurang nyaman bagi para konsumen, namun memberikan banyak manfaat bagi pebisnis.

Ketentuan pembayaran Net 30

Jenis persyaratan satu ini memiliki sistem pembayaran dimana pembeli harus menyelesaikan pembayaran dalam kurun waktu 30 hari dari tanggal yang tercantum saat membuat invoice online. Kurun waktu 30 hari yang dimaksud bukanlah satu bulan melainkan hitungan hari. jadi ketika invoice tertulis tanggal 1 Maret, maka pembeli bertanggung jawab dalam melunasi pembayaran sebelum 31 Maret.

Tidak harus net 30, anda juga dapat menetapkan persyaratan lain seperti net 60, dan juga net 90. Persyaratan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan anda saat ini, yang tentunya sesuai dengan kesepakatan antara pembeli dan juga penjual.

Pilih persyaratan 2/10 net 30

Tidak jauh berbeda dari net 30, dimana pembeli wajib melakukan pembayaran maksimal 30 hari sejak membuat invoice online telah diterima. Pada ketentuan ini anda pembeli juga diuntungkan dengan adanya penawaran diskon atau potongan harga sebesar 2% yang dikhususkan untuk pembeli yang melunasi pembayaran dalam kurun waktu 10 hari. 

Dengan adanya penawaran ini, konsumen yang memiliki arus kas cukup kuat akan lebih membayar dengan ketentuan 10 hari demi mendapatkan diskon serta mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini tentu sangat menguntungkan dari kedua belah pihak. 

Gunakan persyaratan dengan sistem cicilan

Tentu bagi anda yang sering berbelanja sudah tidak asing lagi dengan jenis pembayaran cicilan atau kredit. Bahkan saat ini tidak hanya pembelian untuk barang dengan nilai jual yang besar saja, kebutuhan sehari-hari khususnya belanja online juga dapat dicicil loh.  

Persyaratan jenis ini memberikan faktur atau tagihan setiap bulannya kepada pembeli, yang kemudian dibayarkan melalui transfer bank maupun cek. Penjual dapat memberikan kesepakatan sebelum pembeli memutuskan untuk memutuskan pembayaran dengan sistem cicilan. Seperti pemberian bunga dengan jumlah lebih kecil atau penawaran bonus tambahan. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *