Tips Memilih Genset Silent Sebelum Membelinya!

Genset silent adalah genset yang sedang naik daun dewasa ini. Tidak heran, hal ini terjadi karena kelebihan yang dimilikinya, sehingga bisa memberikan kenyamanan kepada pengguna. Seperti yang kita tahu genset silent adalah genset yang lebih ramah suaranya dibanding genset open. Jika Anda berencana membeli genset untuk mendukung aktifitas, berikut adalah tips memilih genset silent sebelum membelinya. Yuk kita ulas bersama di artikel berikut ini

Memilih Genset Berdasarkan Jenis Genset

Ada banyak sekali jenis, tipe dan kapasitas genset. Oleh karena itu sebelum benar-benar membeli genset untuk keperluan Anda harus mengetahui jenis genset apa yang Anda butuhkan. Misalnya Anda memerlukan genset untuk digunakan di lingkungan yang kondusif seperti perumahan, tempat belajar ataupun kantor, maka Anda sangat dianjurkan untuk membeli genset silent karena memiliki suara yang tidak bising. Jika Anda memerlukan genset untuk digunakan di lapangan atau daerah pembangunan bisa menggunakan genset open yang memiliki suara bising namun tidak masalah untuk lingkungan, sedangkan jika Anda memerlukan genset yang bisa dipindahkan untuk keperluan bisnis dan penyewaan bisa memilih genset portable yang memiliki berat dan ukuran lebih kecil dan bisa dipindah dengan mudah. 

Memilih Berdasarkan Kapasitas Genset 

Di pasaran terdapat banyak sekali kapasitas genset silent maupun open yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Kapasitas genset yang digunakan untuk skala kecil seperti rumah maupun skala besar untuk kantor ataupun pabrik tersedia secara lengkap, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan Anda saja. 

Untuk kebutuhan skala kecil seperti rumah, umumnya memerlukan daya sekitar 1000 Watt maka Anda bisa memilih genset dengan kapasitas sekitar 1000 Watt atau sedikit dilebihkan seperti 1500 watt. Begitu juga dengan keperluan kantor maupun pabrik, pemilihan kapasitas dilakukan berdasarkan kebutuhan listrik di kantor dan pabrik sehingga genset bisa mencukupi listrik dengan baik ketika PLN mati. Hal yang paling utama adalah Anda harus mengetahui kebutuhan listrik rumah maupun kantor Anda dahulu kemudian disesuaikan dengan kapasitas genset yang ada. Jangan sampai salah membeli genset karena kapasitasnya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Memilih Berdasarkan Bahan Bakar 

Seperti mesin lain, genset juga memerlukan bahan bakar untuk sumber energinya. Bahan bakar yang digunakan untuk genset adalah bensin, solar maupun gas. Anda bisa menentukan menggunakan bahan bakar yang mana, pilihlah berdasarkan kemudahan akses bahan bakar tersebut, harga bahan bakar dan performa mesin berdasarkan bahan bakarnya. Solar memiliki harga yang lebih murah dibandingkan bensin. Umumnya genset yang menggunakan bahan bakar solar memiliki performa lebih kuat namun hasil polusinya juga lebih buruk dibanding bensin, dan perawatan mesin genset solar terutama bagian penyaringnya harus benar-benar diperhatikan agar tidak mengganggu kinerja genset. Tentukan bahan bakar mesin genset yang memberi kemudahan kepada Anda. 

Tentukan Berdasarkan Harga 

Ini adalah hal yang cukup penting di lihat, pertimbangkan budget yang Anda miliki untuk membeli genset. Ada banyak jenis genset dengan berbagai macam harga. Jadi pilihlah  sesuai kantong Anda dengan pertimbangan kapasitas, BBM dan jenis genset.

Sebelum memutuskan untuk membeli genset memang harus memastikan genset yang Anda butuhkan seperti apa agar Anda bisa mendapatkan genset yang sesuai. Memilih genset menyesuaikan lokasi juga sangat penting, seperti genset silent sehingga bisa memberi kenyamanan untuk lingkungan tersebut. Buat  kriteria genset idaman Anda dan tentukan satu genset pilihan Anda sekarang juga! 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *