Syarat Deposito dijamin LPS

ilustrasi deposito dijamin oleh lps

Bagi yang memiliki simpanan berjangka deposito, baik itu di Bank Umum (BU) swasta maupun bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan di BPR (Bank Perkreditan Rakyat) baik yang konvensional maupun syariah maka tak perlu khawatir dan bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) telah menjamin deposito yang disimpan di beberapa bank tersebut di atas. Namun tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar simpanan deposito dijamin LPS.

LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

LPS ialah lembaga independen yang didirikan di tahun 2004. Tugas LPS antara lain ialah penjamin simpanan nasabah deposito di bank. Sehingga jika bank yang bersangkutan ditutup, dicabut izin usahanya atau dilikuidasi maka dana depositonya masih aman dan masih bisa kembali. Namun hal tersebut ada beberapa persyaratannya yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Syarat Deposito dijamin LPS

Syarat deposito dijamin LPS ialah harus memenuhi 3 T sebagai berikut.

Tercatat

Simpanan deposito tersebut haruslah tercatat pada pembukuan bank, dengan secara legal, sah dan resmi.

Tingkat Suku Bunga Bank Deposito

Lalu yang kedua maka ada syarat lagi, yakni tingkat suku bunga simpanan depositonya tidak melebihi tingkat suku bunga deposito penjaminan LPS. Baik itu untuk deposito, yang atas nama, maupun sertifikat deposito yang tanpa atas nama. Juga baik bagi simpanan deposito berjangka waktu 1 bulan, atau 3 bulan atau 6 bulan, atau 12 bulan atau 24 bulan. Secara berkala LPS akan merilis besaran tingkat suku bunga simpanan deposito yang dijamin nya. Bisa dicek besaran tingkat suku bunga deposito yang dijamin LPS tersebut tiap saat pada web laman resmi LPS. Pada saat ini tingkat suku bunga deposito di BU yang dijamin LPS ialah sebesar 4,5 % dan untuk tingkat suku bunga deposito di BPR yang dijamin LPS ialah sebesar 7 %. Jadi sepanjang tingkat suku bunga depositonya tersebut wajar, yakni dalam ambang batas penjaminan LPS juga nasabah tidak menerima benefit atau hadiah lain di luar suku bunga deposito tersebut terkait dengan tindakannya menyimpan sejumlah dananya dalam bentuk deposito tersebut, dalam hal ini seperti menerima hadiah, mulai dari hadiah handphone atau merchandise lain seperti dompet, tas, payung atau boneka dan lain-lain.

Tidak Menjadi Penyebab Bank Gagal

Kemudian syarat yang Ketiga ialah nasabah pemilik deposito tersebut tidak menyebabkan bank tempat menyimpan dana deposito tersebut menjadi bank gagal dan lalu hingga harus ditutup dicabut izin usahanya tersebut, dalam hal ini antara lain ialah misalnya jika nasabah yang bersangkutan mempunyai kredit macet pada bank terkait, dan lain sebagainya.

Jumlah maksimal dana deposito dijamin LPS ialah maksimal sebesar 2 milyar Rupiah per nasabah.

Selama beberapa persyaratan suatu deposito bisa dijamin oleh LPS tersebut dipenuhi maka tak perlu merasa khawatir. Dana simpanan deposito di bank manapun juga di Indonesia adalah aman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *